Solo Travelling Siapa Takut?

Menikmati waktu liburan tentunya banyak sekali cara yang bisa dilakukan dan salah satunya dengan melakukan solo travelling. Sudahkah kalian merasakan keseruan solo travelling? Nah jika kalian belum pernah melakukannya sama sekali tentu kalian perlu mencoba sesekali bagaimana sensasi solo travelling. Banyak sekali hal yang bisa kalian nikmati dari perjalanan liburan yang kalian lakukan seorang diri. Untuk menentukan tempat liburan pun kalian tidak akan kesulitan, di Nusantara tercinta sendiri banyak sekali tempat menarik yang bisa kalian jadikan tujuan untuk melakukan solo travelling.

Tips dan Saran sebelum Travelling Sendirian

Jika kalian ingin memulai solo travelling yang lebih seru lagi kalian bisa memilih tujuan di luar negeri. Dengan memilih lintas negara tentu keseruan yang terjadi juga berbeda karena kalian berada di negara orang lain dengan kultur budaya dan bahasa serta kebiasaan masyarakat yang berbeda. Nah dari hal ini kalian pun bisa merasakan liburan yang benar-benar seru dan akan sangat banyak pembelajaran serta pengalaman yang akan kalian dapat.

Nah jika kali ini kalian cukup awam dengan cara berlibur solo travelling, berikut ini beberapa tips dan keseruan yang bisa kalian rasakan ketika memilih solo travelling.

  1. Seorang solo traveller bebas menentukan estimasi waktu dan tujuan

Jika sudah memutuskan untuk berlibur dengan cara solo traveller maka kebebasan adalah milik kalian. Liburan pun sesuai dengan apa yang kalian inginkan, kalian bisa bebas menentukan estimasi waktu kalian sendiri, tujuan wisata mana saja yang ingin kalian jamah, kegiatan apa saja yang ingin kalian lakukan di tempat wisata dan masih banyak lagi hal yang bisa dengan bebas kalian lakukan sendirian. Tak perlu mengkhawatirkan partner travelling atau rombongan liburan lain, tak terikat waktu serta tempat kunjungan dan semua bebas kalian sendiri yang menentukan. Terasa asyik bukan? Hehe.

  1. Solo traveller terkadang membuat kesepian

Nah hal ini sesekali akan kalian alami karena memang kalian melakukan liburan sendirian tanpa adanya pasangan atau teman yang ikut bersama. Sehingga kalian terkadang merasa sendiri dan tidak ada yang bisa diajak ngobrol tetapi hal itu bukanlah hal yang mengganggu kalian bisa memulai obrolan dengan siapa pun yang kalian temui ketika melakukan perjalanan. Dari hal itu pun kalian bisa mendapatkan banyak cerita, pengalaman baru serta bisa saja mendapatkan relasi.

  1. Solo travelling melatih kepekaan diri

Nah salah satu bentuk untuk melatih kepekaan adalah dengan melakukan solo travelling. Dari liburan yang kalian lakukan sendirian, perjalanan kemanapun dengan sendiri dan berbagai macam hal yang dilakukan sendiri ketika liburan bisa melatih kepekaan kalian terhadap lingkungan sekitar. Nah tentu hal ini membantu kalian untuk lebih mencintai keadaan di sekitar kalian dengan tetap menjaganya.

  1. Dengan kepekaan yang lebih meningkat membantu kalian bersosialisasi dengan mudah

Nah keuntungan solo travelling yaitu dengan menambah kepekaan terhadap lingkungan sekitar dan ini berpengaruh terhadap cara bersosialisasi diri. Kalian akan lebih mudah untuk bersosialisasi dengan warga sekitar. Hal yang perlu kalian tahu adalah jika kalian bisa ramah dengan warga sekitar, percayalah mereka akan jauh lebih ramah dengan kalian. Dengan bersosialisasi inilah bisa menjadi gerbang bagi kalian untuk menambah relasi, kalian bisa mendapatkan teman baru dari berbagai latar belakang.

  1. Melatih diri dalam memecahkan permasalahan

Menjadi solo traveller pun pasti akan menemui permasalahan dan permasalahan yang terjadi pun bisa sangat beragam dan itu juga tergantung dimana kamu berlibur. Berlibur di dalam negeri dan di luar negeri tentunya kan berbeda permasalahan yang akan dihadapi. Nah dengan solo travelling bisa melatih kalian dalam menyelesaikan permasalahan yang kalian hadapi. Kalian harus bisa berpikir jernih dan bisa mengendalikan diri sehingga permasalahan yang dihadapi bisa selesai.

  1. Melatih manajemen diri

Dengan permasalahan yang sudah dihadapi tentu disini kalian bisa belajar mengenai manajemen diri. Kalian bisa mengambil keputusan untuk diri sendiri, mengurus diri sendiri, mengatur finansial sendiri dan berbagai macam hal lainnya. Kalian harus pintar dalam hal ini agar dalam perjalanannya kalian tidak kena tipu dan tahu bagaimana harus mengatur semuanya.